Penyuluhan Deteksi Dini Kanker Payudara

Jum'at, 12 Agustus 2022 PD Salimah Kapuas mengadakan Penyuluhan Deteksi Dini Kanker Payudara oleh Dr. Jumatil Fajar, M. Hlth, Sc
Kanker payudara merupakan kanker dengan jumlah kasus terbanyak dan menjadi salah satu penyebab kematian utama akibat kanker, karena sebagian besar pasien kanker payudara datang berobat pada stadium lanjut. Padahal, jika terdeteksi dini dan segera diterapi, sebetulnya kanker bisa dikalahkan.
Penyebab kanker Payudara sampai saat ini penyebab pasti kanker payudara belum diketahui. yang diketahui adalah faktor-faktor resiko yang dapat meningkatkan terjadinya kanker payudara yaitu : - Merokok dan terpapar asap rokok (Perokok Pasif) - Pola makan yang buruk (tinggi lemak dan rendah serat, mengandung zat pengawet atau pewarna) - Haid pertama pada umur kurang dari 12 Tahun - Menopouse (berhenti haid) setelah umur 50 tahun - Melahirkan anak setelah umur 35 tahun - Tidak pernah menyusui anak - Pernah mengalami operasi pada payudara yang disebabkan oleh kelainan tumor jinak atau tumor ganas - Diantara anggota keluarga ada yang menderita kanker payudara.
Deteksi Dini Kanker Payudara , bisa dilakukan dengan SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) dan SADANIS (Pemeriksaan Payudara Klinis).
Mengapa harus melakukan SADARI ? Karena kita lebih tau atau mengenal diri kita sendiri, bila terjadi perubahan kita akan mengetahuinya sejak awal. Jika pada saat melakukan SADARI ditemukan benjolan atau perubahan pada payudara (dibandingkan dengan keadaan pada bulan sebelumnya) segera perikasakan diri ke Dokter.
Kapan diilakukan SADARI ? SADARI dilakukan sebulan sekali setelah selesai Haid, semenjak wanita mulai mendapat haid pertama atau pada usia 12 Tahun.
Deteksi dini bertujuan untuk menemukan benjolan dan tanda tanda lain pada payudara sedini mungkin agar dapat dilakukan tindakan secepatnya. Sekecil apapun benjolan yang ditemukan segera konsultasikan diri anda ke dokter. Menunda berarti memberi kesempatan sel kanker berkembang dan mengurangi kesempatan untuk sembuh. Ingatlah ! Jika kanker dapat ditemukan secara dini (dengan ukuran tumor masih kecil kurang dari 1 cm) dan ditangani dengan cepat dan tepat, harapan untuk sembuh hampir 100%. @Know Your Lemons Foundation

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rihlah Sekalian Raker Asyik nih ...

Rapat Bulanan PD Salimah Kapuas

PD Salimah Kapuas Kembali Hadiri Pengajian Mar'atus Sholihah